Selasa, 02 Juli 2019

"TI POLITALA SISTEM OPERASI 2 B"


BAB 1
PENDAHULUAN


1.1     Definisi Sistem Operasi

Secara fisik komputer yang kita gunakan tidaklah terdiri dari satu komponen saja. Melainkan terdiri dari banyak komponen perangkat keras, misalnya processor (CPU), RAM, mainboard (motherboard), hard-Disk Drive, CDrom, Keyboard, mouse dan lain-lain.
Setiap komponen perangkat keras ini tentunya tidak bekerja secara individual, mereka bekerja sama membentuk kesatuan yang kita sebut komputer. Hal penting yang harus diketahui bagi kita bahwa untuk bisa bekerja, perangkat keras hanya ‘mengerti perintah’ dalam bahasa mesin (bit). Oleh karena itulah diciptakanlah ‘jembatan’ antara apa yang dimengerti komputer dan apa yang dimengerti penggunanya.
Sistem Operasi adalah Seperangkat program yang memantau dan mengatur pemakaian sumber daya komputer (processor, main memory, file, I/O device, dll). Sistem Operasi juga dartikan sebagai perangkat lunak yang bertindak sebagai perantara antara pemakai komputer dan perangkat keras.

1.2     Sasaran Sistem Operasi

·      Menjalankan program-program dari user dan membantu user dalam menggunakan komputer
·      Menyediakan sarana sehingga pemakaian komputer menjadi mudah (convient)
·      Memanfaatkan perangkat keras komputer yang terbatas secara efisien (resource manager)

1.3     Cara Kerja Sistem Operasi

Saat pertama kali komputer dinyalakan, ada satu program dijalankan yang disebut bootstrap. Program ini tersimpan di ROM BIOS, tugasnya adalah menangani semua aspek perangkat keras (initializing & controlling). Kemudian program ini mencari sistem operasi yang ada di tempat penyimpanan sekunder seperti Harddisk, floppy disk, Cd, dll. Kemudian sistem operasi dijalankan dan setelah itu pengendalian perangkat keras diambil alih oleh sistem operasi.

1.4     Komponen Sistem Operasi

     Hardware: Menyediakan “basic computing resources” (CPU, memory, I/O devices)
     Sistem Operasi: Mengendalikan/ mengkoordinasikan penggunaan hardware diantara berbagai aplikasi/ program dari user
     Program Aplikasi: Menggunakan sistem resources yang digunakan untuk menyelesaikan masalah komputasi dari user (compilers, database system, games, bussines programs dll)
     User/Pengguna


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"TI POLITALA SISTEM OPERASI 2 B"

BAB 1 PENDAHULUAN 1.1      Definisi Sistem Operasi Secara fisik komputer yang kita gunakan tidaklah terdiri dari satu komponen sa...