Sabtu, 05 Januari 2019

Pertemuan 3 "TI Politala KTI 1 C"

BAB 3
ELEMEN DASAR SISTEM KOMPUTER

3.1     Pengertian Sistem
Kata "sistem" banyak sekali digunakan dalam percakapan sehari-hari, dalam forum diskusi maupun dokumen ilmiah. Kata ini digunakan untuk banyak hal, dan pada banyak bidang pula, sehingga maknanya menjadi beragam. Dalam pengertian yang paling umum, sebuah sistem adalah sekumpulan benda yang memiliki hubungan di antara mereka.

3.2     Pengertian Komputer
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.

3.3     Pengertian Sistem Komputer
          Sistem komputer adalah suatu jaringan elektronik yang terdiri dari perangkat lunak dan perangkat keras yang melakukan tugas tertentu (menerima input, memproses input, menyimpan perintah-perintah, dan menyediakan output dalam bentuk informasi).

3.4     Elemen-Elemen Dasar Sistem Komputer
1.    Hardware
Hardware adalah peralatan di sistem komputer yang secara fisik terlihat dan dapat dijamah. Hardware terdiri dari beberapa bagian yaitu :
·      Processing device
·      Input device
·      Output device
·      Storage device
2.    Software
Software adalah perangkat lunak (Program) yang diinstall kedalam hardisk, dimana software inilah yang menggerakkan processor untuk memproses data. Sangat banyak software yang dapat diinstal kedalam Processor. Program yang dapat diinstall pada komputer harus di sesuaikan dengan spesifikasi komputer, bila tidak system tidak mau bekerja.
Jenis - jenis software antara lain :
a)    OS (Operating System)
b)   Program Aplikasi
c)    Bahasa Pemrograman
3.    Brainware
       Komputer tidak terlepas dari manusia yang mengoperasikan peralatan komputer, tanpa manusia komputer hanyalah berupa benda yang tidak ada fungsinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"TI POLITALA SISTEM OPERASI 2 B"

BAB 1 PENDAHULUAN 1.1      Definisi Sistem Operasi Secara fisik komputer yang kita gunakan tidaklah terdiri dari satu komponen sa...