Senin, 03 Desember 2018

Pertemuan 11 "TI Politala KTI 1 C"


BAB 9
SOFTWARE

 9.1   Pengertian Software
Sofware adalah sebuah data yang diprogram dan disimpan secara digital yang tidak terlihat secara fisik tetapi terdapat dalam komputer.
Software atau perangkat lunak dapat berupa program atau menjalan suatu perintah atau intruksi yang dengan melalui software (perangkat lunak) komputer dapat beroperasi atau menjalankan suatu perintah.
Software juga dapat dikatakan adalah penggerak dan pengontrol hardware (perangkat keras).

 9.2   Jenis - Jenis Software
     Software System (Sistem Operasi)
     Sofware Bahasa (Bahasa Pemrograman)
     Software Application ( Program Apliaksi)
     Software Utility (Program Bantu)




9.3   Sejarah Software
          Dari perkembangan perangkat lunak, kita bisa membayangkan bagaimana perkembangan interaksi manusia dengan perangkat lunak. Bentuk paling primitif dari perangkat lunak, menggunakan aljabar Boolean, yang di representasikan sebagai binary digit (bit), yaitu 1 (benar / on) atau 0 (salah / off), cara ini sudah pasti sangat menyulitkan, sehingga orang mulai mengelompokkan bit tersebut menjadi nible (4 bit), byte (8 bit), word (2 byte), double word (32 bit).
          Kelompok-kelompok bit ini disusun ke dalam struktur instruksi seperti penyimpanan, transfer, operasi aritmatika, operasi logika, dan bentuk bit ini diubah menjadi kode-kode yang dikenal sebagai assembler. Kode-kode mesin sendiri masih cukup menyulitkan karena tuntutan untuk dapat menghapal kode tersebut dan format (aturan) penulisannya yang cukup membingungkan, dari masalah ini kemudian lahir bahasa pemrograman tingkat tinggi yang seperti bahasa manusia (bahasa Inggris).
          Bahasa pemograman tingkat tinggi ini memiliki beberapa jenis yaitu, bahasa C, bahasa C++, dan Pascal.

 9.4   Fungsi Software
          Software-software yang sering masyarakat gunakan sangat banyak macamnya, dari mulai software untuk mengolah kata, software untuk mendengarkan musik atau instrument, software untuk memutar video dan bahkan software untuk pembaca kode kode tertentu seperti kode bar yang digunakan oleh supermarket supermarket untuk membaca harga.
          Masyarakat lebih terasa terbantu dengan software software tersedia, karena dari software tersebut masyarakat bisa mengembangkan keahlian keahlian masyarakat sendiri. Dari segi fungsi software yang sering digunakan masyarakat, software software terbagi menjadi 3 fungsi :
1. Software untuk hiburan
2. Software untuk pekerjaan atau kantoran
3. Software untuk pelajaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"TI POLITALA SISTEM OPERASI 2 B"

BAB 1 PENDAHULUAN 1.1      Definisi Sistem Operasi Secara fisik komputer yang kita gunakan tidaklah terdiri dari satu komponen sa...